Ciri-Ciri Kanker Amandel Penting Untuk Diwaspadai

Kanker tonsil atau kanker amandel ini umumnya diderita oleh pria dibandingkan wanita. Seperti yang sudah menjadi rahasia umum bahwa pria lebih akrab dengan penyebab kanker seperti rokok, alkohol, atau narkoba. Kanker amandel juga bisa disebabkan oleh oral seks yang dilakukan secara bebas.


Terutama jika kebetulan sang wanita juga mengidap kanker serviks atau penyakit mematikan lainnya. Jadi, kemungkinan mereka yang dekat dengan beberapa faktor tersebut lebih tinggi mengidap penyakit ini. Berikut adalah ciri ciri kanker amandel yang penting diwaspadai, dianataranya sebagai berikut :
  • Benjolan
Secara umum penderita kanker akan akrab dengan benjolan, benjolan sering terdapat pada area yangdiserang sel kanker dan pada kanker amandel ini benjolan akan muncul dibagian tonsil atau seputar leher dan tenggorokan. Dan benjolan ini umumnya juga menyebabkan rasa sakit karena adanya penekanan di area tersebut ketika sel kanker membesar.
  • Sulit Menelan 
Kesulitan saat menelan biasa diraskan oleh semua orang saat mengalami panas dalam atau radang tenggorokan. Kondisi ini juga bisa terjadi jika seseorang menderita kanker tonsil, sehingga anda disarankan untuk lebih waspada, dan gejala ini sulit dikenali karena dianggap sebagai penyakit tenggorokan biasa.
  • Nyeri
Rasa nyeri dibeberapa bagian tubuh akan dirasakan oleh penderita kanker tonsil dan rasa nyeri tersebut pada umumnya muncul dibagian terdekat dari sel kanker seperti tenggorokan, leher, telinga dan sebagainya. Tenggorokan akan merasakan panas dan nyeri serta pada waktu tertentu perkembangan sel kanker menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan atau minuman sekaligus.
  • Pembengkakan
Pembengkakan pada sekitar leher serta beberapa bagian kelenjar getah bening seperti lengan atau paha akan dirasakan oleh penderita. Kanker amandel juga menyebabkan bengkak tersebut membesar dan seringkali disertai rasa sakit jika tersentuh. Dan hal ini disebabkan adanya peradangan pada kelenjar getah bening serta beberapa jaringan organ yang terpengaruh oleh hadirnya sel kanker.
  • Pusing dan Mual
Kondisi ini disebabkan karena perubahan suhu badan yang semakin panas di bagian dalam serta naiknya aam lambung karena terganggunya nafsu makan penderita saat mengalami peradangan dibagian tenggorokan.
  • Perubahan Pada Suara
Suara yang biasanya terdengar normal, akan berubah menjadi serak dan parau. Efek ini disebabkan tidak adanya cairan yang cukup disekitar pita suara serta reaksi dari sel kanker yang sudah semakin memperluas area penyebarannya di dalam kerongkongan. Perubahan pada suara biasanya lebih diyakini sebagai bagian dari panas dalam. Namun, anda perlu waspada jika hal tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama (lebih dari satu pekan) karena hal tersebut bisa menjadi tanda awal adanya gangguan pada bagian tenggorokan.
  • Sesak Nafas
Penekanan pada sekitar area kerongkongan menyebabkan beberapa saluran pernapasan ikut terganggu. Kondisi ini dapat berakibat pada kurangnya oksigen yang masuk ke paru-paru dan penderita seringkali menarik napas secara berat atau mengalami sesak napas dalam jangka waktu tertentu terutama disaat suhu udara sekitarnya rendah (dingin)
  • Tonsil Membesar
Area tonsil atau amandel akan membesar secara tidak terkendali. Kondisi ini akan terjadi pada penderita jika sudah memasuki stadium lanjut. Selain pembesaran pada bagian amandel sebelah atau seluruhnya, tekanan yang terjadi disekitar area tersebut akan membuat produksi ludah menjadi semakin berkurang. Akibatnya penderita akan mengalami xerostomia yang memungkinkan terjadinya dehidrasi akut.

  • Bau Mulut
Begitu juga dengan kanker tonsil yang memberitahukan keberadaannya lewat bau mulut penderita. Kondisi ini disebabkan karena kuman yang sudah berada di dalam mulut tengah bereaksi liar dengan sel kanker sehingga perubahan yang buruk akan terjadi yaitu menjadikan bau mulut tidak sedap atau tidak seperti biasanya.
  • Flu Menahun
Virus influenza yang biasanya hadir dan dapat ditangani dengan cepat, justru sebaliknya dirasakan oleh penderita kanker amandel. Selain peradangan pada beberapa saluran pernapasan seperti tenggorokan, hidung, dan mengalami sesak napas. Penderita kanker tonsil akan merasakan flu yang akut atau tidak bisa sembuh dalam jangka waktu yang lama (lebih dari seminggu).

Kanker amandel secara umum dikarenakan oleh beberapa faktor spesifik yang telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kanker ini juga dikarenakan pola makan atau kebiasaan lainnya yang tidak sesuai dengan aturan kesehatan secara umum. Pencegahan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:
  • Hindari makanan yang terlalu pedas, asam, atau yang bercita rasa sedikit berlebihan
  • Mengonsumsi makanan panas dan dingin juga merupakan salah satu faktor pemicu
  • Jauhi makanan berpengawet atau cepat saji yang banyak beredar
  • Hindari dehidrasi dan rajin mengonsumsi vitamin C
Kebiasaan yang sehat dengan menerapkan pola makan dan istirahat adalah salah satu cara menjaga kondisi tubuh dengan baik selain olahraga. Penyakit kanker secara umum mudah dicegah dengan aturan pola makan yang baik serta mengatur pola pikir agar jauh dari kata stres maupun penat.

0 Response to "Ciri-Ciri Kanker Amandel Penting Untuk Diwaspadai"

Posting Komentar