8 Cara Mencegah Amandel Membengkak

Amandel adalah sebuah tonsil yang berada pada dua sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel atau tonsil berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus dan kuman yang masuk ke tubuh dari mulut dan saluran pernafasan. Masalah yang paling sering terjadi pada amandel atau tonsil adalah peradangan yang membuat amandel menjadi bengkak dan sakit. Amandel yang bengkak juga akan membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk menelan makanan atau minuman bahkan hingga sulit untuk bernafas.


Ada beberapa orang yang bisa mengalami pembengkakan pada amandel namun juga yang tidak. Pada dasarnya amandel sering terjadi pada anak anak dan jarang ditemukan pada orang dewasa. Amandel juga memiliki fungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mencegah semua bakteri, kuman dan virus yang masuk ke tubuh. Fungsi amandel yang selalu berhubungan dengan beberapa sumber penyakit ini membuat amandel rentan terhadap peradangan dan pembengkakan.

Gangguan peradangan amandel yang sering kambuh dan menyebabkan beberapa komplikasi biasanya akan diangkat, dan operasi amandel bisa dilakukan oleh ahli dokter dan biasanya hanya memerlukan rawat inap sekitar dua atau hingga tiga hari. Tapi mengangkat amandel berarti ada resiko lain yaitu melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Operasi pengangkatan amandel hanya dilakukan bila sangat terpaksa. Untuk mencegah agar tidak diangkat, berikut ini adalah beberapa tips cara mencegah amandel agar tetap sehat, diantaranya sebagai berikut :

  • Minum Air Secara Teratur
Air minum yang melewati tenggorokan akan mencegah infeksi amandel, air juga akan menjaga daerah mulut agar tidak terlalu kering dan akibat kurang minum dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan terlalu kering, maka bisa menyebabkan infeksi pada amandel dan selain itu air juga akan membantu amandel dalam menjalankan fungsinya untuk menghalau semua kuman dan bakteri.
  • Selalu Menjaga Kebersihan Mulut
Menjaga kebersihkan daerah mulut secara teratur adalah upaya yang sangat baik untuk mencegah peradangan amandel. Anda bisa menggosok gigi setelah makan untuk menghilangkan semua sisa makanan yang tertinggal dalam celah gigi dan gusi. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan lidah terutama yang berdekatan dengan gigi, rahang dan tenggorokan. Dan langkah ini agar terhindar dari pengembangan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi amandel.
  • Jaga Pola Makan
Amandel terletak di bagian belakang tenggorokan. Dengan posisi seperti ini maka bisa menyebabkan amandel menjadi sangat sensitif untuk semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang sangat dilarang untuk penderita radang amandel adalah seperti:
  1. Bahaya penyedap rasa, yakni bahan perasa makanan seperti MSG
  2. Bahan tambahan makanan, baik berupa pewarna maupun perasa yang mengandung zat aktif pada makanan
  3. Bahaya makanan pedas atau mengandung perasa pedas
  4. Minuman yang memakai es batu atau minuman dingin
  5. Makanan yang terlalu panas
  6. Bahaya minuman besoda atau makanan yang mengandung soda
  7. Susu, telur dan keju, makanan yang mengandung kalsium tinggi yang bisa menyebabkan batu pada amandel
  8. Hindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng dan semua jenis makanan yang menyebabkan radang tenggorokan juga bisa menyebabkan infeksi pada amandel.
  • Kumur Dengan Air Garam
Air garam adalah salah satu cara mengobati amandel tradisional . Garam sangat baik untuk mencegah infeksi amandel dan dalaam beberapa kasus amandel juga bisa mengecil karena semua bakteri yang menyebabkan peradangan akan mati, dan langkah ini bisa dilakukan oleh anak anak maupun remaja dan air garam sangat aman dan tidak akan memberikan efek samping.
  • Hindari Rokok
Cara mencegah amandel kambuh lagi pada orang dewasa yang pernah mengalaminya sebaiknya juga menghindari rokok dan bahaya rokok ini karena mengandung nikotin yang akan masuk ke saluran pernafasan dan tenggorokan. Nikotin akan membuat amandel bekerja sangat keras sehingga sring menyebabkan peradangan parah.
  • Hindari Minuman Mengandung Alkohol
Minuman yang mengandung alkohol akan membuat amandel bisa mengalami peradangan dalam waktu yang sangat cepat dan bahaya alkohol bisa menyebabkan infeksi amandel karena mengandung beberapa zat yang bersifat keras dan merusak kekebalan tubuh.
  • Sering Mencuci Tangan
Mencuci tangan adalah salah satu usaha yang sangat mudah untuk dikerjkaan. Cara mencuci tangan yang benar dan dilakukan sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas akan menghindarkan tubuh dari resiko infeksi kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri yang masuk saluran pernafasan atau mulut bisa menyebabkan peradangan pada amandel.
  • Hindari Resiko Penyakit Menular
Peradangan menular biasanya akan muncul bila tubuh sering lemah atau kekebalan tubuh yang rendah. Resiko akan menjadi lebih besar jika tidak menjaga diri dari terkena penyakit menular yang mudah terjadi seperti influenza, batuk dan penyakit lin.

Karena itu anda bisa menghindari beberapa resiko penyakit ini dengan memakai masker, tidak berdekatan dengan teman yang sedang sakit atau menghindari masuk ke lingkungan yang memiliki resiko penularan penyakit tinggi.

0 Response to "8 Cara Mencegah Amandel Membengkak"

Posting Komentar